2024

Tembok Besar Ethiopia: Proyek Megah di Tanah Lahirannya

Tembok Besar Ethiopia, atau yang dikenal juga dengan nama “Grand Ethiopian Renaissance Dam” (GERD), adalah proyek pembangkit listrik tenaga air yang sedang dibangun di Sungai Nil Biru di wilayah barat laut Ethiopia. Proyek ini telah menjadi sorotan global karena dampaknya...

Mei 15, 2024

Pemberontakan Taiping: Mengulik Konflik Besar Sejarah Tiongkok

Pemberontakan Taiping merupakan salah satu peristiwa paling bersejarah dalam sejarah Tiongkok. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi lebih dalam tentang pemberontakan ini yang terjadi pada abad ke-19, mengungkap penyebab, dampak, serta kisah di balik konflik besar ini. 1. Latar Belakang...

Mei 12, 2024

Kerajaan Silla Hitam: Mitos dan Realitas

Kerajaan Silla Hitam adalah salah satu periode bersejarah yang menarik dalam sejarah Korea. Namun, banyak yang masih belum tahu banyak tentang periode ini. Mari kita gali lebih dalam tentang Kerajaan Silla Hitam dalam artikel ini. 1. Asal Usul Nama Jadi,...

Mei 11, 2024

Perang Puni: Konflik Antara Roma dan Kartago

Yow, sobat Vortiks! Lo tau gak kalo jaman dulu ada konflik sengit antara dua kekuatan besar: Roma dan Kartago? Iya, itu namanya Perang Puni. Bukan perang yang main-main, guys. Ini serius banget, sampe bikin sejarah bergoyang dan meninggalkan jejak panjang....

Mei 10, 2024

Konferensi Kolonial Berlin: Pembagian Kue di Era Kolonialisme

Wazzup, fellas! Kita akan ngebahas suatu acara paling krusial dalam sejarah kolonialisme: Konferensi Kolonial Berlin! Jadi, ceritanya di tahun 1884-1885, para bos negara Eropa dan beberapa negara Amerika duduk bareng di Berlin buat ngatur-ngatur pembagian kue di Afrika dan Asia....

Mei 9, 2024

Peperangan Raja Meksiko: Epik dari Tanah Aztec

Nah, sobat-sobat, siapa yang nggak penasaran sama cerita peperangan Raja Meksiko? Kayaknya cerita peperangan dari tanah Aztec ini tuh bisa bikin kita terpana dan terkesima dengan keberanian serta strategi perang yang luar biasa! Yuk, kita bahas lebih lanjut tentang kisah...

Mei 8, 2024

Kerajaan Ingusetia Kuno: Eksplorasi Kehidupan yang Hilang

Bro, sista, kalian pernah dengar tentang Kerajaan Ingusetia Kuno? Nah, kali ini kita bakal ngobrolin tentang kejayaan dan keindahan negeri yang hilang ini. Siap-siap deh buat terpesona sama sejarah dan budaya yang menakjubkan dari Kerajaan Ingusetia! 1. Jejak Sejarah Kerajaan...

Mei 2, 2024