2024

Kekaisaran Kanem-Bornu di Afrika Barat: Kisah di Gurun Sahara

Yow, sobat Vortixel! Pernah denger tentang Kekaisaran Kanem-Bornu? Nah, ini adalah salah satu kerajaan paling keren dari Afrika yang pernah ada. Kita bakal bahas sepuluh poin seru tentang sejarah dan kejayaan Kekaisaran Kanem-Bornu yang bikin kita makin ngeh tentang peradaban...

Mei 30, 2024

Kongres Airlangga: Konvensi Politik yang Bikin Heboh!

Yow, sobat Vortixel! Pernah denger tentang Kongres Airlangga? Nah, buat yang belum tau, Kongres Airlangga ini adalah acara politik yang keren abis dan penting banget dalam dunia politik Indonesia. Biar nggak ketinggalan info, kita bakal bahas sepuluh hal seru tentang...

Mei 29, 2024

Kesusastraan di Kekaisaran Aksum: Keren dan Klasik!

Yow, sobat Vortiks! Kali ini kita bakal ngebahas tentang kesusastraan yang ada di Kekaisaran Aksum, loh! Jadi, nggak cuma Kekaisaran Romawi aja yang punya cerita-cerita klasik, tapi Aksum juga punya sejarah kesusastraan yang keren abis! Jadi, siap-siap aja buat terpesona...

Mei 26, 2024

Perang Kemerdekaan Haiti: Kisah Penuh Keberanian Perjuangan

Yow, sobat Vortiks! Pernah denger tentang Perang Kemerdekaan Haiti? Kalo belum, siap-siap aja buat terpesona sama kisah epik tentang bagaimana bangsa Haiti merebut kemerdekaannya dari cengkeraman penjajah Prancis. Ini bukan cuma cerita biasa, tapi sebuah perjuangan yang penuh dengan keberanian,...

Mei 24, 2024

Peradaban Tambora: Kisah Epic dari Gunung Berapi!

Yow, teman-teman sejarah! Kita bakal bahas tentang sesuatu yang epic banget, yaitu Peradaban Tambora! Kalau lu belum familiar sama ini, gak apa-apa, karena gua bakal jelasin 10 poin seru tentang peristiwa dahsyat yang terjadi di kawasan Tambora ini. Jadi, siap-siap...

Mei 23, 2024

Pemberontakan Shays: Kisah Perlawanan Petani Amerika

Ketika membahas sejarah Amerika, salah satu bab yang tidak boleh dilewatkan adalah Pemberontakan Shays. Ini bukan hanya tentang keberanian para petani yang terpinggirkan, tetapi juga cerminan dari ketidakpuasan sosial dan ketidaksetaraan ekonomi pada masanya. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi...

Mei 21, 2024